Senin, 20 Juli 2020

Hai, Matematika!

     Kalau mendengar kata Matematika, sepertinya  banyak yang langsung sakit kepala ๐Ÿ˜„ meskipun banyak juga yang biasa saja alias senang. Matematika termasuk mata pelajaran yang suka membuat siswa takut dan akhirnya malas. Padahal sebenarnya matematika itu menantang dan seru, meskipun juga ujung-ujungnya jadi pusing.      

     Saya termasuk orang yang tidak jago dan tidak pintar matematika, tapi saya suka dengan matematika. Bagi saya memandang angka itu lebih menyenangkan daripada deretan huruf, meskipun saya juga suka membaca dan menulis. Tapi saat di bangku sekolah, saya paling suka mata pelajaran tersebut. Sewaktu di SD saya cukup baik di mata pelajaran matematika, bahkan saya ingat nilai ujian akhir nasional matematika saya saat itu hanya salah satu, yang saya sadari kesalahannya sesaat setelah keluar kelas. Namun entah mengapa, saat di bangku SMP dan SMA, meskipun masih tetap menyukai tapi nilai saya pas-pasan ๐Ÿ˜Š Ya, karena mungkin saya tidak begitu paham dengan pembahasan materi yang makin lama makin susah dan 'ribet' bagi saya. 

    Dan sekarang, saya bertemu lagi dengan mata pelajaran matematika semenjak anak-anak masuk sekolah. Materi pelajaran ini saat sekarang, menurut saya lumayan lebih maju dibandingkan dahulu. Seperti contoh, jika dahulu kala materi perkalian baru benar-benar kita hafalkan di kelas 3 SD, sekarang anak kelas 2 sudah harus menghafalnya. Materi saat ini maju selangkah dibandingkan jaman dahulu, dan saya lihat anak-anak mengikuti dengan cukup baik, tentunya dengan tingkatan kemampuan masing-masing anak. Saat ini saya ikut mendampingi anak-anak dalam belajar matematika di rumah, dan ini cukup mengasah kembali otak saya untuk mengingat materi-materi yang sudah lama saya pelajari. 

   Matematika itu memang mengasyikkan, jika mengerti dan paham. Tetapi akan menjadi 'ancaman' jika tidak mengerti dan tidak paham. Kadang jika melihat anak-anak saya belajar dan keliru dalam mengerjakan soal, saya coba ikut membaca dan mencari apa sebab mereka tidak bisa mengerjakan. Ya, anak saya tidak terlalu baik di mata pelajaran ini, namun saya lihat mereka tetap suka mempelajarinya. Bagi saya, yang penting mau berusaha mempelajarinya dengan maksimal, bukan lantas malas dan tidak mau berusaha untuk mengerti. Semoga anak-anak tetap semangat ๐Ÿฅฐ
  
      Satu kutipan tentang matematika yang saya sukai ialah, “Math is like going to the gym for your brain. It sharpens your mind.” dari seorang penulis matematika, Danica Mckellar. Yang bisa diartikan bahwa "Matematika seperti pergi ke 'gym' bagi otakmu, hal itu mempertajam pikiranmu."  



#tulisanchindis
#tantangan2day4 
#30harisemangatmenulis 
#30harifreewritting 
#30haribercerita 
#rumbelmenulisipsamkabar 
#komunitasipsamkabar





        

Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...