Senin, 07 September 2020

Waktu itu Berharga


    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir hari sebelum beristirahat di malam hari, agar aku mempunyai gambaran hal apa sajakah yang akan aku kerjakan esok hari maupun beberapa hari kemudian. Jika sempat, terkadang tak perlu menunggu malam hari, saat aku sudah memiliki rencana yang hendak dilakukan, maka aku akan menuliskannya sebagai jadwal baru. 

    Bicara tentang catatan kegiatanku, aku terbiasa mengatur waktuku di buku catatan harian, terkadang juga aku salin di gawai agar mudah langsung kulihat. Aku merasa dengan mengatur rencana waktuku untuk satu hari esok, maka aku bisa memprioritaskan apa yang harus aku kerjakan. Tentu saja aku tetap mendahulukan aktifitas dirumah seperti mengurus rumah jugs keluarga. Apalagi saat ini, anak-anak sekolah menjalani program BDR atau Belajar Dari Rumah. Ini tentu saja ada mengambil waktuku untuk menemani dan mendampingi anak-anak belajar atau mengerjakan tugas sekolah. 

      Menyusun dan mengatur waktu agar lebih efektif dan efisien ini juga butuh komitmen dan konsistensi dalam menjalankan. Aku tahu bahwa masih ada orang yang menyia-nyiakan waktunya untuk hal-hal yang tidak penting, sehingga mereka tidak sadar ada banyak hal yang seharusnya memberikan manfaat bagi mereka. Padahal sebenarnya mengelola waktu dengan baik pada akhirnya juga dapat mengelola hidup kita menjadi baik. Kita diharapkan memiliki prioritas yang tepat, sehingga kemudian akan terbentuk manajemen waktu yang tepat untuk menjalani hidup yang lebih berkualitas. 

    Menurutku, mengatur waktu ini tidaklah terlalu sulit, asalkan kita memang punya tujuan ingin lebih baik dalam memanfaatkan waktu yang sangat berharga ini. Mulai saja dari hal sederhana namun berkesinambungan setiap harinya. Dalam mengatur waktu, menurutku hal-hal perlu diperhatikan ialah:

1. Membuat daftar aktifitas atau kegiatan yang utama, yaitu yang diprioritaskan, dan juga yang tambahan.

2. Memilah aktifitas atau kegiatan kita sesuai dengan waktu pelaksanaanya.

3. Menghitung dan mencatat kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas atau kegiatan tersebut.

4. Jika ada aktifitas atau kegiatan yang sudah direncanakan namun tidak terlaksana, ini bisa dialihkan ke aktifitas atau kegiatan lain yang sekiranya tidak mengganggu waktu lain yang sudah diatur.

5. Membuat rencana tambahan lain seandainya ada jadwal pada saat itu yang tidak terealisasi.

6. Usahakan dan biasakan tidak menunda apa yang sudah dijadwalkan.

7. Jika ada suatu rencana kegiatan untuk dua atau tiga hari, bahkan seminggu kedepan, dapat langsung diatur waktunya dan dicatat agar kita bisa mengingatnya.

8. Jika kita mempunyai suatu kegiatan yang membutuhkan waktu panjang atau beberapa hari, mungkin kita bisa membagi kegiatan tersebut dari segi kapasitas dan waktu pengerjaannya agar di rentang waktu yang dijadwalkan tersebut kita bisa selesaikan dengan baik.

9. Jangan stress atau panik jika ada rencana kegiatan kita tidak berjalan lancar seperti yang sudah kita atur, tetap lakukan dengan memprioritaskan mana yang lebih penting terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir untuk menolak jika dirasa tidak mampu dalam mengerjakan. 

   Mungkin masih ada lagi hal-hal selain poin-poin diatas, yang mendukung cara kita memanfaatkan waktu dengan baik. Masing-masing orang tentunya punya cara dan keunikan sendiri dalam mengatur waktunya agar seluruh aktifitas atau kegiatannya dapat terlaksana sesuai jadwal dengan baik dan lancar. Karena dalam mengatur waktu ini juga butuh perhitungan, apakah kita mampu mengerjakan, mampu menyelesaikan dengan tepat dan cepat, dan tetap merasa bahagia dalam menjalankannya. 

    Namun kembali ke tujuan awal bahwa mengatur waktu ini jelas penting adanya, agar waktu yang berharga ini tidak hilang begitu saja tanpa sesuatu yang dapat dikerjakan dan akhirnya dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. 



#tulisanchindis 
#tantangan3day1 
#buddyforbuddy 
#temamanajemenwaktu 
#rumbelmenulisipsamkabar 
#komunitasipsamkabar  


*Dimuat juga FBG khusus Rumbel Menulis IP Samkabar


Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...