Jumat, 25 September 2020

Yang Enak, Yang Kekinian 🍲

Yang Enak, Yang Kekinian 🍲

Dunia kuliner saat ini makin berkembang. Tidak hanya makanan berat saja, namun makanan dan minuman ringan pun sekarang banyak variasi. Dan saking banyaknya orang yang mengkonsumsi dan mendokumentasikannya, akhirnya beberapa makanan dan minuman itu pun menjadi viral di media sosial. Biasanya efek dari viral ini akan banyak orang yang ikutan membuat untuk dijual maupun untuk dimakan sendiri.
Diantara banyaknya makanan dan minuman yang katanya sedang populer dan viral, atau anak jaman sekarang menyebutnya sedang kekinian, aku lagi suka dengan Es Kopi Susu Gula Aren dan Mentai Rice (Nasi Mentai). Meskipun ada juga beberapa makanan dan minuman kekinian lainnya yang tidak kalah menarik dan suka aku konsumsi.
Minuman kopi susu dengan gula aren ini termasuk sedang banyak digemari anak-anak muda juga orangtua. Yang mungkin biasanya kopi diminum dengan campuran gula putih atau bahkan jika mau praktis tinggal menggunakan bubuk kopi instan yang banyak dijual, kali ini kopi dinikmati dengan campuran gula aren. Konon katanya gula aren ini lebih sehat, sehingga harga jual minuman ini pun menjadi lebih mahal. Paling nikmat disajikan dalam keadaan dingin dan bisa diberi topping bobba dan whipped cream sesuai selera. Saat ini sudah banyak kedai kopi yang memasukkan minuman ini menjadi bagian dari menunya. Kalau mau membuat sendiri pun bisa, karena bahan dasarnya tidak sulit untuk dicari.
Beranjak ke makanan kekinian, tadi di atas saya sebutkan Mentai Rice atau dalam bahasa Indonesianya disebut Nasi Mentai. Awal saya mendengar nama makanan ini ialah Salmon Mentai Rice. Ya, ini adalah Nasi Mentai dengan bahan utamanya selain nasi yaitu Ikan Salmon. Ini merupakan sajian makanan khas Jepang, yang sekarang sudah banyak dimodifikasi mengikuti selera masing-masing.
Jika melihat ke resepnya, ciri khas makanan ini ialah ada saus mayonaise diatasnya yang dicampur bisa dengan saus sambal atau saus tomat dan bisa ditambahkan keju atau bubuk nori sesuai selera. Bahan dasarnya jelas ada nasi putih yang bisa dicampurkan dulu dengan minyak wijen atau terserah keinginan sesuai selera. Olahan nasi lalu disusun di suatu wadah, kemudian diberi topping ikan, nugget ayam atau sosis. Isiannya pun sesuai selera, lalu ditutup dengan campuran saus mayonaise tadi kemudian dipanggang di oven. Cukup mudah dan bisa jadi alternatif pengganti nasi goreng kegemaran sejuta umat.
Makanan dan minuman yang sedang kekinian saat ini sudah sangat bervariasi. Mulai dari bentuk sampai komposisi bahan yang diatur sedemikian rupa agar lebih menarik dan juga mudah jika ingin membuat sendiri. Kalau ingin menikmati tanpa repot, kita tinggal beli. Tapi jika ingin mencoba rasa buatan sendiri tidak ada salahnya, mungkin akan lebih hemat dan siapa tahu hasil olahan kita sendiri kemudian bisa dijual.



*sumber gambar: google dan koleksi pribadi (mentai)



Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...