Selasa, 07 Juli 2020

Makanan favorit keluarga, si 'Rica Cakalang Fufu'

     Menuliskan nama makanannya saja, saya sudah seperti membayangkan ada didepan muka dan tinggal dimakan πŸ˜„ Iya, saya menyebutnya Rica Cakalang Fufu. Dan itu juga karena mama kesayangan yang memberitahu saya sejak awal makanan ini dikenalkan kepada saya dan akhirnya seluruh keluarga, termasuk sekarang suami dan anak-anak.

     Cakalang itu sejenis ikan Tuna, di Manado disebutlah itu Cakalang. Ada yang bilang itu memang bukan Tuna, tapi sebagian bilang itu Tuna dalam bahasa Manado. Entahlah, saya pun tidak terlalu mempersoalkan πŸ˜‰ Karena masakan ini pun bisa diganti dengan ikan tongkol jika cuma ketemu itu. Yang unik ialah ikan ini di 'fufu' atau diasap. Jadi aromanya semakin menggoda dan rasanya pun beda ☺ Ada yang membuat makanan ini dengan ikan yang tidak diasap, tetapi kami sekeluarga lebih senang dan suka dengan si 'cakalang fufu' πŸ₯°

     Disebut rica karena pastilah dimasak dengan tambahan lombok dan cabe merah, tentu saja tingkat selera rasa pedas kita sesuaikan. Biasanya saya akan buat tidak terlalu pedas, karena anak-anak akan ikut makan dan mereka suka 😍 Makanan ini sederhana sekali, bahkan bisa dibilang karena teksturnya yang disuwir kecil-kecil sehingga mirip abon kasar. 

     Makanan ini selain di saat tertentu dimasak, juga selalu disediakan saat bulan puasa. Dahulu, waktu saya KKN jaman kuliah, bahkan saya bawa satu toples besar πŸ˜† Cakalang fufu dikota saya ini, saya beli dari teman mama yang kadang-kadang suka membuat. Jika kepepet ingin bikin, maka tuna atau tongkol tanpa diasap pun jadi πŸ˜‰ Nasi putih ditambah rica cakalang fufu saja nikmatnya sudah Masya Allah 😁 bikin timbangan badan meronta-ronta. Apalagi jika yang membuat mama saya, itu rasanya tidak ada yang lawan πŸ₯° Walaupun saya juga membuat, bagi saya tetap ada beda rasanya, tapi anak-anak tetap suka. 

      Jika membuat makanan ini, tidak bisa hanya sedikit, karena membuatnya lumayan memakan waktu, habisnya bisa dalam sekejab πŸ˜… Terkadang, makanan sederhana pun bisa jadi favorit, apalagi jika membuatnya dengan rasa senang dan sayang ☺ 



^salam dari timbangan 🀭^


#tantangan1day2
#temamasakan 
#onedayonewrite 
#rumbelmenulisipsamkabar 
#komunitasipsamkabar    




     




Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...