Sabtu, 27 Februari 2021

Hobi (juga) buat Hidup Berarti

Bicara tentang hobi, siapa tak kenal kata hobi? Jika mencoba mencari apa arti dari kata hobi, akan ditemukan bahwa hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama (menurut KBBI). Bisa dikatakan juga bahwa hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang (diambil dari situs wikipedia). Tujuan hobi tentunya adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan sebuah kesenangan.

Hobi itu bermacam-macam, setiap orang pasti memiliki satu, dua atau bisa juga beberapa hobi. Dan terkadang, hobi juga bisa berubah-ubah dilain waktu, loh. Apalagi pada usia anak-anak dan remaja. Eh, tapi bisa juga terjadi pada orang yang dewasa, yang mungkin saja baru menemukan sesuatu yang membuatnya jadi suka dan senang mengerjakannya. Menurut saya, sih, wajar-wajar saja, tapi entahlah, apakah ini artinya kita labil, moody atau tak berpendirian? Semoga saja tidak 😊.

Saya dari kecil suka sekali membaca dan menulis. Dan kalau ditanya apa hobi saya, pasti saya selalu jawab membaca dan menulis. Ya, ala anak kecil saja yang dibaca dan ditulis, sih. Dan ini berlangsung sampai saat ini, walaupun tidak banyak buku bacaan ataupun novel yang habis saya baca, tapi saya suka membaca. Menurut saya tulisan-tulisan seperti di media sosial dan situs internet juga bisa dikategorikan bacaan. Kalau menulis, saya suka menulis apa saja yang memang mau saya tulis, misalkan puisi, cerpen, atau sekedar tulisan-tulisan curcol dan copywriting untuk produk jualan saya 😊. Yang penting saya lega sudah menuangkan apa yang lagi dipikirkan, dilihat, didengar, dirasa dan dialami kedalam tulisan, entah itu hanya dalam sebuah catatan pribadi ataupun di media sosial (kalau copywriting jelas di media sosial, hehe). Menyelesaikan suatu tulisan itu adalah hal yang menyenangkan apalagi jika dibaca banyak orang akan menambah kebanggaan tersendiri.

Selain membaca dan menulis, saya suka basket. Itu hobi olahraga saya sejak SMP yang sampai sekarang, hanya saja saya tak menekuninya dengan rutin lagi saat ini. Seingat saya, sampai mempunyai 2 anak saya masih ikut lomba basket antar klub 🤭 walaupun dengan kemampuan fisik yang sudah tak bisa disamakan dengan jaman dahulu. Kalau bicara hobi basket ini, banyak kenangannya. Karena dari mengenalnya, suka, lalu jadi hobi, mendalami selain di sekolah juga masuk ke klub. Seminggu punya jadwal empat kali seminggu berlatih, bahkan jadwal les pelajaran tidak boleh menggangu jadwal latihan. Saat SMA yang jam kepulangan sekolahnya jam setengah 4 sore, secepat mungkin jam setengah 5 saya sudah berada di lapangan basket. Tapi, karena sudah menjadi hobi, menjalaninya itu tiada beban.

Hobi basket ini bisa dibilang yang bisa saya tunjukkan ke orangtua, bahwa saya dan teman-teman saat itu bisa membawa nama sekolah menjadi juara dan mewakili para pelajar di kota dalam kejuaraan daerah. Paling mengesankan saat bisa ikut dalam kejuaraan PON di Surabaya, walaupun hasilnya tak memuaskan saat itu. Perjuangan mengikuti TC sambil kuliah, sampai saat mengajukan izin, dekan fakultas meminta memilih antara kuliah atau basket. Tentu saja saya jawab, dua-duanya ☺. Untung saja akhirnya diijinkan dan para dosen berbaik hati memberikan saya keringanan ujian susulan.

Apakah selain membaca, menulis dan olahraga (basket), saya punya hobi lain lagi? Hmm, ada. Sekarang saya lagi suka foto, ya, hanya dengan kamera telepon saja. Sebenarnya semenjak punya smartphone jadi suka foto-foto, dan justru saya jarang menggunakan kamera sesungguhnya. Yang jelas foto untuk dokumen pribadi, lalu foto sesuatu hal yang lagi ingin diabadikan saja, bisa tempat, sesuatu hal dan makanan 😁. Semua karena suka, akhirnya dilakukan dengan senang hati. Karenanya, jadi suka juga belajar cara edit foto, meskipun masih amatiran sekedar untuk kebutuhan pribadi.

Punya hobi itu menyenangkan pastinya. Melakukan hobi itu seperti 'me time' buat saya, disela urusan dan pekerjaan rumah dan anak-anak. Ya, kalau zaman dahulu untuk melepas penat dari pelajaran sekolah dan juga urusan pekerjaan saat sudah bekerja. Yang penting saat melakukan hobi juga menyesuaikan situasi dan keadaan, serta lakukan dengan sepenuh hati ❤.


Referensi:
kbbi.web.id
wikipedia.org


Canva


#chindismenulis
#belajarmenulis
#KLIP2021
#Februarike26
#tantanganharike3
#temadiriku
#hobiku
#rumbelmenulisipsamkabar
#komunitasipsamkabar

Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...