Sabtu, 27 Februari 2021

Rica si Makanan Favorit

Apa sih maksudnya favorit? Ga cuma pelajaran, buku, film, lagu atau tokoh terkenal yang ada favoritnya, makanan pun ada. Kalau membicarakan tentang makanan, duh, rasanya kalau cuma favorit satu atau dua makanan itu kok rugi 🤭. Lalu kalau semua makanan jadi favorit, itu juga kok kayaknya jadi kelihatan wajah si tukang makan. Tapi karena makanan itu sangat bermacam-macam, bervariasi dan beraneka ragam bentuk dan rasa, ya... ga salah juga sih kalau ada beberapa makanan yang jadi favorit, kecuali disuruh memilih satu saja, nah silakan urutkan makanan apa yang berhak jadi peringkat nomor satu dijajaran makanan favorit kita ☺.

Kalau ditanya apa makanan favorit saya, hmm, bisa bingung juga, sih. Karena saya favorit banget sama makanan hasil masakan mama sendiri, yang rasanya itu bagi lidah saya tidak pernah sama dengan masakan orang lain 😊. Ya iya lahya, karena sejak kecil sudah makan masakan mama. No offense, ya.  Diantara makanan-makanan hasil masakan mama, saya paling suka dengan makanan rica suwir cakalang fufu dan rica daging. Dua makanan ini jadi makanan favorit saya, dan bahkan sekarang pun anak-anak saya suka dengan dua makanan ini, apalagi dibuat oleh oma mereka, yaitu mama saya 😁. Saya bisa membuatnya, namun sudah jelas hasilnya, jika beda tangan pembuatnya, bisa beda juga rasanya. Sejauh ini saat saya membuatnya sendiri, anak-anak dan suami tetap suka dan menyatakan enak. Apa mungkin mereka terpaksa daripada tidak makan sama sekali? 😎. Tentu tidak, ya. Percayalah 🤭.

Rica suwir cakalang fufu dan rica daging ini sudah jelas sekali terdengar dari namanya bahwa ini berasal manado. Tapi dengan banyaknya modifikasi resep, semua orang dari manapun akhirnya bisa membuatnya. Nah, rica itu menurut artinya maksudnya adalah pedas atau mempunyai rasa pedas. Sementara cakalang fufu adalah sejenis ikan tongkol atau tuna yang yang diasap terlebih dahulu sebelum diolah jadi aneka makanan berbeda, dimana aroma maupun rasanya akan lebih khas. Kalau daging, sudah sering dengar tentunya, mirip-mirip dengan rendang tapi rica daging ini dibuat lebih kering lagi. Duh, saya jadi membayangkan dua makanan itu ditambah nasi panas, enak banget pastinya 😅. Ga salah ini menjadi makanan favorit sejak dahulu sampai sekarang.

Oya, ada satu lagi makanan favorit saya yang tidak jauh-jauh dari kata rica, yaitu ayam panggang rica. Ayam panggang rica buatan mama itu tiada bandingan enaknya, dan saya senang sekali sudah bisa recook dengan rasa yang cuma beda tipis 😁. Bisa dibilang, makanan favorit saya itu jadinya adalah makanan yang berbau rica atau mempunyai rasa pedas, tentunya buatan mama, dan sekarang buatan sendiri pun boleh diadu rasanya hehehe... (tetap menang mama, sih, kurasa)

Jadi lapar mendadak rasanya jika membahas makanan favorit ini. Kalau tidak ingat timbangan yang angkanya senang meningkat, mungkin nasi putih bisa berulang kali terisi di piring. Saking favoritnya dengan makanan rica ini, terutama untuk rica suwir cakalang fufu (atau bisa juga dibilang rabuk ikan), mama atau saya biasa membuatnya dalam jumlah sekalian banyak, lalu disimpan dalam wadah untuk tambahan lauk sehari-hari. Apalagi saat bulan puasa Ramadhan, ini salah satu makanan yang dipersiapkan sebagai pertolongan pertama pada kebutuhan makan.

So, kalau makanan favoritmu apa? ☺

Canva


#chindismenulis
#belajarmenulis
#KLIP2021
#Februarike27
#tantanganharike4
#temadiriku
#makananfavorit
#rumbelmenulisipsamkabar
#komunitasipsamkabar

Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...