Jumat, 19 Februari 2021

Ropang

 *Ropang, ternyata itu Roti Panggang*

Sebenarnya malu mengakui bahwa saya sepertinya terlambat mengetahui nama makanan Ropang ini. Dan yang memberitahu saya pun si anak gadis, bisa dibayangkan ternyata akhirnya kali ini saya yang kurang update 😅. Mendengar dan membaca nama cemilan ini awalnya dari sebuah akun media sosial tentang makanan, yang mengupload resep sederhana ropang ala cafe. Melihat resep dengan bahan-bahan yang mudah dan kebetulan ada di rumah, saya berpikir untuk mencoba membuat, selagi masih ada niat untuk bebikinan cemilan buat keluarga.

Ropang yang ternyata adalah bentuk kata pendek dari roti panggang ini banyak versi dan modifikasinya. Intinya ya, roti dipanggang 😊. Mau dari versi sederhana sampai yang paling ribet cara membuatnya pun ada. Mau buatan ala rumahan yang sederhana sampai ala cafe. Tapi saat ini, hidangan ringan ala cafe pun sekarang bisa dibuat di rumah, tinggal menuntut kreativitas, ketersediaan bahan, resep yang oke, dan tentunya niat untuk mengolah, ya.

Balik ke ropang yang saya coba buat tadi, satu resep simple dari satu akun memasak di Instagram pun dieksekusi. Dengan berbahan beberapa lembar roti, lalu untuk topping cukup dengan memasak adonan susu cair, mentega, keju parut dan maizena. Lalu setelah adonan matang tinggal dioles di atas roti, boleh dipotong kecil-kecil atau tetap seperti ukuran semula saja. Kemudian, roti yang sudah selesai diberi topping olesan tadi dipanggang di oven atau air fryer. Setelahnya boleh diberi garnish atau topping tambahan sesuai selera.

Kalau berselancar di media sosial maupun mesin pencari (seperti google), akan banyak sekali varian dari ropang ini ternyata. Masing-masing punya ciri khas, resep dan keunikkannya. Ya, semua itu kembali lagi pada selera, inovasi dan budget untuk bahan-bahan yang digunakan tadi. Dari sesuatu yang biasa ini pun akhirnya bisa menjadi luar biasa karena inovasi dan modifikasi mengubah bentuk roti biasa menjadi ropang alias roti panggang bervariasi.

Kemana saja saya selama ini, sampai tidak tahu apa itu ropang ☺. Tapi bisa jadi juga banyak orang yang sama dengan saya, tak mengetahui sebutan yang konon katanya sedang kekinian. Ah, lupakan saja jika dikatakan anak-anak sekarang kurang update, yang jelas hanya penyebutannya saja yang sudah berkembang, ya mungkin, lebih marketable atau lebih menjual karena orang pasti banyak penasaran. Tapi saya akui, yang membuat singkatan roti panggang menjadi ropang itu sukses menaikkan value si roti. Yuk, bikin! 🥰




Referensi:
- google
- foto pribadi

#chindismenulis
#belajarmenulis
#tulisansantai
#KLIP
#KLIP2021
#Februarike19


Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...