Selasa, 23 Maret 2021

Sebuah Buku : Set Yourself Free

Salah satu buku koleksi saat sekolah dahulu adalah buku Set Yourself Free : How to Unlock the Greatness Within You, yang ditulis oleh Sandy Krauss. Judul buku ini memang berbahasa Inggris, namun yang saya miliki ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dengan judul Set Yourself Free : Kiat Praktis Mencapai Sukses di Masa Depan. Jika tidak salah ini buku sekitar tahun 1999 dengan tebal buku sekitar 180-190 halaman. Tidak terlalu tebal dan tidak juga tipis menurut saya. 


Tidak tahu mengapa dahulu saya membeli buku ini. Mungkin karena buku pengembangan diri sejenisnya seperti Chicken Soup suka saya baca, sehingga tertarik untuk membaca buku ini. Kalau dilihat sekilas dari judul bukunya, sepertinya terkesan berat, ya. Kiat praktis mencapai sukses di masa depan. Tapi jika coba mengikuti dan membaca lembar demi lembar, sebenarnya buku ini cukup enak dan ringan dibaca. Bisa dilihat dari daftar isinya dahulu, yang diantaranya adalah tentang bagaimana mengenal dan mencintai diri sendiri, lalu bagaimana menciptakan masa depan sendiri, percaya dan tidak menyerah serta bagaimana mensyukuri perjalanan hidup kita. Yang paling suka saya ulang-ulang adalah di bagian akhir halaman, yaitu di bagian khusus mengenai 30 tehnik membangun harga diri. 


Menurut saya, yang termasuk sebagai seseorang dengan tingkat kepercayaan diri rendah dan mempunyai rasa minder, buku pengembangan diri ini cukup bisa menemani dan membuat saya belajar untuk mencintai dan bersyukur lebih akan adanya diri ini. Ini bukan buku cerita atau kumpulan cerita inspiratif layaknya si Chicken Soup, tapi buku ini memberikan pengertian dan penyemangat untuk kita dalam menjalani hidup. Bagaimana kita bisa memulai dengan mengingat dan menuliskan setiap harinya, hal-hal apa yang membuat kita harus bersyukur atas hidup ini. Kemudian menyadari hal apa saja yang harus kita lupakan di masa lalu sebagai pembelajaran, untuk melangkah ke depan dengan pikiran positif dan tidak pantang menyerah.


Memang, semua itu dimulai diri sendiri dahulu, mau berubah menjadi pribadi yang lebih baik atau tidak. Mindset bahagia dan pikiran positif yang harus selalu ditanamkan, serta tidak lupa untuk selalu bersyukur di setiap hal kejadian yang kita alami. Melakukannya pun mungkin tidak langsung sekaligus, namun bertahap dan konsisten. Karena untuk menjadi seseorang yang sukses di masa depan, sudah jelas dibutuhkan jiwa yang mau untuk selalu percaya dan yakin akan kekuatan dalam diri sendiri. 


Oya, seperti yang saya sebutkan tadi sebelumnya, di halaman-halaman bagian akhir ada bagian khusus tentang 30 tehnik membangun harga diri, yang mana ketigapuluh tehnik yang dituliskan itu sungguh hal-hal yang sederhana, namun jika dilakukan terus-menerus, tentunya bisa membawa hasil yang baik dan membuat diri kita merasa lebih baik dari sebelumnya. Di lain waktu mungkin akan saya sampaikan 30 tehnik tersebut. For sure, buku ini kesayangan saya sekali, dan sepertinya saat sekarang ini akan sulit memperolehnya sebab sudah terlalu lama. Jadi, tak ada salahnya membaca buku pengembangan diri seperti ini, dengan tujuan sebagai pengingat diri dan pembangkit semangat menuju kesuksesan diri untuk cinta dan cita 😊.




Referensi:

Buku Set Yourself Free : Kiat Praktis Mencapai Sukses di Masa Depan, Sandy Krauss

Foto dari bukalapak.com

Buku Pribadi



#tulisanchindis

#bukuchindis

#setyourselffree

#KLIP

#Maretke22





Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...