Minggu, 24 Januari 2021

Bermain&Belajar - Menyusun Kalimat

Belajar yang paling asyik bagi anak-anak tentu saja belajar dengan suasana dan cara yang menyenangkan. Terutama untuk tipe-tipe anak tertentu yang tidak suka belajar secara monoton. Sekarang ini sudah banyak sekali bertebaran cara-cara asyik membuat anak belajar sesuatu melalui bermain. Seperti sebelumnya saya mencoba mengadaptasi dari seseorang di media sosial untuk membuat suatu pembelajaran dengan media sederhana sambil bermain.


Kali ini saya membuat kembali sebuah permainan menyusun sebuah kalimat sederhana dari tiga buah kata secara acak. Ini sederhana sekali, bahan yang digunakan pun tidak merepotkan. Kita cuma butuh beberapa lembar kertas putih ukuran A4 (jika ingin lebih bagus bisa menggunakan karton putih atau sesuai bahan yang tersedia di rumah). Lalu siapkan spidol hitam dan warna-warni, gunting dan lem kertas atau bisa menggunakan isolasi bolak balik.


Cara membuatnya mudah saja, yaitu:

- Potong kertas menjadi 3 bagian (disini saya menggunakan kertas polos ukuran A4). Kemudian masing-masing bagian tadi dituliskan beberapa kata sesuai keinginan kita. Karena saya ingin menyusun sebuah kalimat sederhana yang terdiri dari subjek, predikat dan objek (dalam pelajaran bahasa Indonesia, tentu masih ingat dengan kalimat SPO), maka untuk lembar bagian pertama saya tuliskan beberapa subjek seperti nama orang dan subjek lainnya. Lalu lembar bagian kedua saya tuliskan beberapa jenis kegiatan atau jenis pekerjaan yang biasa dilakukan orang dan lembar bagian ketiga saya tulis beberapa objek dari suatu kegiatan. Jumlahnya terserah, secukupnya panjang kertas yang digunakan.

- Ambil 1 lembar kertas A4 lain (boleh karton), lalu pada lembar itu cukup dilipat dua, lalu buat 3 bolongan atau lubang bentuk persegi panjang pada bagian tengah kertas yang sudah dilipat tadi. Jika ingin dihias boleh saja, kali ini saya cukup menghiasnya dengan coretan-coretan warna-warni.

- Masukkan 3 lembar bagian yang berisi kata-kata itu ke masing-masing lubang. Aturlah dilubang pertama adalah lembar kata-kata berisi nama subjek, lalu lubang kedua untuk lembar bagian predikat atau jenis kegiatan atau pekerjaan, kemudian di lubang ketiga adalah untuk lembar bagian kata-kata berisi objek atau sesuatu hasil kegiatan.


Jika sudah jadi semua, memainkannya pun cukup menyebutkan kalimat apa yang ingin kita sampaikan ke anak dan anak akan mencari padanan kata-kata dan menyusunnya pada lembaran kertas yang sudah dibuat. Pada hasil karya ATM yang saya buat ini, bisa dilihat contohnya bahwa saya menyebutkan (boleh juga dituliskan) sebuah kalimat sederhana, misalkan 'ibu baca buku', kemudian anak akan mencari kata-kata yang disebutkan disetiap lembar bagian tersebut. 


Oya, permainan sambil belajar ini tentunya dapat diaplikasikan pada anak yang sudah mengenal huruf dan sedang belajar atau bisa membaca. Cara ini bisa membuat anak seolah-olah belajar namun dengan suasana yang lebih santai dan gembira. Namun jika anak belum mengenal huruf atau belum bisa membaca, bisa juga dimodifikasi sesuai kebutuhan, misalkan seperti menyusun angka, gambar atau warna. Yuk, dicoba :)



Menyusun kalimat


#bermainsambilbelajar

#idebermain

#atmidediy


《cyndiealia》



Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...