Selasa, 05 Januari 2021

Stik Warna - Belajar dan Bermain

 

   Hari ini tetap masih di rumah saja, tidak kemana-mana. Anak-anak yang di bangku SD sedang berkutat dengan pembelajaran online. Ada yang sedang menonton video pembelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan guru, ada juga yang sambil mengulang pembelajaran sebelumnya. Sementara yang usia balita (tepatnya sudah 5 tahun), karena tidak bersekolah TK, jadi memulai pembelajarannya tergantung materi apa yang saya berikan 😊. Namun tetap melanjutkan apa yang sebelumnya sudah dia pelajari, yaitu menulis huruf dan beberapa kata, belajar membaca, belajar huruf hijaiyah, lalu belajar sambil bermain.

   Saya kurang pandai dalam urusan DIY (Do It Yourself) bahan bermain dan belajar. Jadi, terkadang saya ATM (Amati, Tiru, Amati) dari hasil mencari di mesin pencari (google) dan dari akun-akun di platform Instagram atau media sosial lainnya yang banyak menyediakan contoh-contoh bahan bermain sekaligus belajar. Beberapa contoh yang mudah untuk dibuat dan dipraktekkan ke si anak sudah saya aplikasikan. Oya, ada juga yang saya beli dari toko online khusus mainan dan belajar anak.

   Kali ini, dengan bahan perlengkapan yang ada (tentunya harus niat, ya), kita bermain sambil belajar mengenal warna, mencocokkan warna, menyambung warna yang sama dan membentuk suatu pola tertentu. Bahan yang dibutuhkan cukup mudah dan kebetulan tersedia di rumah, yaitu beberapa stik kayu (stik es krim), kardus bekas dan spidol warna-warni. Disini saya membuat dua jenis permainan sekaligus karena dua-duanya menggunakan bahan yang sama.

   Yang pertama dibuat adalah mewarnai satu sisi stik dengan spidol (ada 8 warna yang digunakan). Kemudian, potong-potong kardus bekas berbentuk persegi, lalu gambar pola seperti garis-garis yang berbeda warna disetiap lembar potongan kardus tadi. Cara bermainnya mudah, si anak akan mengikuti pola garis yang diberikan sesuai dengan warnanya. 

   Lalu yang kedua adalah juga mewarnai satu sisi stik namun dibagi menjadi 2 warna. Sesuaikan saja ingin warna apa dimasing-masing stik, disini saya menggunakan 14 stik. Cara bermainnya lebih mudah karena hanya menyambung-nyambungkan warna pada satu stik dengan stik lainnya. Saya memberikan satu stik kemudian si anak melanjutkannya tanpa diberikan aturan harus bentuk sesuatu. Namun kebetulan saat bermain tadi, si anak dengan sendirinya mau membentuk angka 3 dan angka 8.

   Bermain sambil belajar memang lebih seru dan pasti lebih disenangi anak, karena tidak ada kekakuan, dilakukan juga dengan asyik dan gembira. Dengan menggunakan stik kayu dan spidol berwarna ini pun si anak sudah bisa melakukan kegiatan yang menggembirakan tapi mendapatkan manfaat, seperti mengenal warna (sambil kita sebutkan dalam bahasa Inggris juga bisa dilakukan), lalu mengenal bentuk/pola tertentu dan juga melatih daya kreativitasnya. Masih banyak PR saya dalam hal ini dan kami sama-sama berusaha untuk mencari dan mengembangkan sesuatu yang dapat digunakan sebagai media bermain dan belajar secara sederhana dan menyenangkan.










 


Referensi:

Berbagai sumber

Foto pribadi

Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...