Senin, 26 April 2021

Kastangel: Bikin dengan resep mudah



Hari ini akhirnya terlaksana juga membuat kue kering, setelah sekian lama tidak berurusan dengan bebikinan kue. Kastengel adalah pilihan kue kering aku hari ini. Aku memang aku suka sama kastengel karena ada keju didalamnya. Resep yang kugunakan kali ini, ya yang sederhana saja, simpel, mudah dan tentunya ada bahannya di rumah.


Kemarin di Instagram aku kebetulan melihat postingan kue kering kastangel dari seorang selebgram finalis dari masterchef Indonesia. Kulihat mudah dan tidak memerlukan bahan yang susah. Jadi, resep dia yang aku pakai untuk membuatnya hari ini. Sebenarnya banyak resep kastangel, mulai dari yang menggunakan bahan premium terutama jenis keju yang dipakai dan juga bahan tambahan lain seperti roombutter yang cukup mahal, namun rasa sudah pasti berbeda.


Resep kastangel ala masterchef Fajar Alam (begitu namanya di Instagram) yang kugunakan ini adalah:

  • 200 gram tepung terigu

  • 150 gram mentega

  • 150 gram keju edam atau cheddar (sesuai budget saja)

  • 2 butir kuning telur


Sementara untuk lapisan atas kue kering menggunakan kuning telur dan sedikit susu cair yang dikocok rata. Lalu untuk topping diatasnya bisa diberikan parutan keju cheddar.


Cara membuatnya juga tidak ribet dan tidak perlu menggunakan mixer, cukup dengan spatula atau tangan. Semua bahan diatas tadi (ada empat bahan) dicampur menjadi satu dan diaduk rata. Aku tadi menambahkan sedikit maizena dan vanilli, idenya cuma karena iseng aja hehe. Untuk keju aku pakai cheddar saja, karena tidak terpikir beli keju edam yang cukup lumayan mahal. Mentega pun aku menggunakan merk Blue Band Cake and Cookies, karena tidak sempat juga mau beli roombutter untuk sedikit tambahannya, yang mana kata ibuku, roombutter bikin kue kering lebih enak. Ya, tak apalah, kali ini mengikuti apa kata resep, yang penting mudah dan cepat.


Setelah adonan tercampur rata, aku bungkus plastik wrapping dan masukkan ke kulkas sebentar, meskipun di petunjuknya tidak ada, tapi katanya bikin adonan mudah dibentuk, jadi cukup 10-15 menit saja sambil menyiapkan olesan dan topping parutan keju, menyiapkan loyang atau sambil membereskan wadah yang sudah tidak digunakan. Tak lupa aku memanaskan oven listrik sekitar 10 menit di suhu 150 derajat.


Setelah kurang lebih 15 menit, adonan lalu aku ambil dan mulai aku bagi sedikit-sedikit untuk dicetak. Cukup digiling dengan baking roll, tapi karena aku tidak ada, jadi aku menggunakan botol kaca. Pipihkan kurang lebih setebal 1 cm, lalu potong-potong adonan sebesar separuh telunjuk, atau sesuai selera saja. Taruh adonan yang sudah dicetak ke dalam loyang yang sudah diberi baking paper dan sedikit taburan tepung terigu. Jika loyang sudah penuh, boleh langsung diolesi dengan campuran kuning telur dan susu tadi, lalu bubuhkan parutan keju di atasnya. Setelahnya, panggang di oven (aku menggunakan oven listrik) dengan suhu 150 derajat api atas bawah selama 30 menit. Tapi karena aku ada dua loyang, satu rendah dan satu ceper, jadi aku panggang pertama 20 menit lalu kemudian tukar posisi loyang dan panggang kembali 10 menit.


Menurutku hasilnya lumayan, keju juga terasa. Ya setidaknya buatku dan anak-anak hehe. Resep ini sekali lagi cukup mudah dan sederhana, terutama bagi yang kurang suka ribet-ribet dan cuma bahan apa adanya. Tapi intinya bagiku, kalau mau bebikinan begini, yang terpenting itu niat 😊. 






#kastangel

#chindismenulis

#KLIP

#Aprike26


Bundles of Stories - Simplicity Writing

Waktu itu Berharga

    Aku menutup buku catatan harianku setelah selesai menuliskan rencana kegiatan untuk esok hari. Ini satu diantara kegiatan di akhir har...